Nikmatnya Bersyukur

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah yang begitu banyak memberikan kenikmatan bagi setiap hambanya. Sesungguhnya tak terbatas nikmat yang Allah berikan sehingga kita tak bisa semata hanya berucap puas akan nikmat darinya. Hanya saja bagaimana cara mendapatkan nikmat itu secara benar.
Salah satu cara bagaimana membuat nikmat itu akan terus bertambah adalah dengan cara bersyukur, ya dengan bersyukur akan apa yang ada adalah salah satu cara bagaimana nikmat itu akan selalu dirasakan. Apapun keadaanya, apapun musibahnya, apapun yang Allah berikan itu akan menjadi lebih baik apabila mampu mensyukuri, meyakini bahwa semua kehendak adalah datangnya dari Allah.
Sungguh yang namanya musibah tak ada satu orang pun yang minginginkan. Mayakini bahwa itu adalah sebuah cobaan dan sebuah ujian dari Allah yang diberikan kepada setiap umatnya untuk mendapatkan derajad yang lebih tinggi lagi. Bila diambil sebuah contoh dalam keseharian disaat suatu perjalanan berkendaraan tiba-tiba secara tidak sengaja ada yang menyerempet dari belakangnya, sebagai orang yang tidak menyadari betul akan sebuah takdir tentunya akan emosi dan marah, yang jadi pertanyaan, apa iya orang tersebut mengingikan kejadian tersebut? Tentunya orang yang menyerempet itu tak menginginkan hal tersebut terjadi. Disinilah orang diberikan sebuah ujian bagaimana cara mensyukuri akan keadaan.
Mari kita kaji dalam surat Ibrahim ayat:7
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ (٧)
7. dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.
Terlihat jelas pada ayat diatas bagaimana suatu nikmat dapat bertambah apabila kita mampu bersyukur. Dan Alah akan memberi azab bila mengingkari nikmatnya. Begitu beruntungnya orang yang mampu mensyukuri segala keadaan karena dimanapun kapanpun dia akan merasa yakin senang dan yakin bahwa Allah memberikan yang terbaik baginya. Ada satu ayat yang lain yang menjelaskan betapa beruntunglah orang yang bersyukur yakni dalam surat An Nisaa ayat 147
مَا يَفْعَلُ اللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَآمَنْتُمْ وَكَانَ اللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا (١٤٧)
147. mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman ? dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha mengetahui.
Subhanallah.. tidak lagi hanya ditambah nikmat bagi orang yang bersyukur, akan tetapi Allah tidak akan menyiksa hambanya yang senang besyukur pada-Nya. Allah tidak akan tega menyiksa hambanya yang dia sendiri bersyukur dan beriman pada-Nya. Allah mensyukuri hamba-hamba-Nya dengan memberi pahala terhadap amal-amal hamba-hamba-Nya, mema’afkan kesalahannya, menambah nikmat-Nya, begitulah makna dari Allah yang Maha Mensyukuri.
Lantas bagaimana selanjutnya apabila sudah diberi nikmat yang banyak dari Allah? Dengan cara apa kita mensyukurinya? Jawabanya yakni:
وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ (١١)
11. dan terhadap nikmat Tuhanmu, Maka hendaklah kamu siarkan. (QS. Adh Dhuhaa: 11)
Ya, jawabanya yakni dengan cara mensyiarkan nikmat tersebut. Dalam artian menceritakan naikmat tersebut kepada orang lain. Kebanyakan orang selalu menyembunyikan nikmat yang Allah berikan pada-Nya. Padahal dalam ayat ini disebutkan untuk menyiarkan kepada orang, akan tetapi bukan kesombongan dirinya yang dia ceritakan. Tidak peduli nanti orang mau mencemooh atau apa. Bismillah… niatkan yang diceritakan semata-mata karena Allah. Yang dimaksud disini adalah dengan menceritakan keagungan Allah karena telah diberikan nikmat padanya, sehingga dengan diceritakan nantinya dapat membuat orang yang diceritakan itu menjadi selalu dekat padanya. Dimisalakan menceritakan bahwa dirinya telah berhasil mendapatkan pekerjaan yang mapan berkat doanya, selamat dari suatu musibah karna izin dari-Nya dan tentunya masih banyak nikmat yang Allah berikan pada setiap hambanya
Subhanallah itu pun jua dapat dijadikan ladang dakwah bagi yang mau bersyukur. Mari sejenak merenung dan coba berfikir dengan logika yang ada dan mari lakukan yang terbaik pada setiap keadaan, syukuri apapun yang ada karena nikmat akan selalu bertambah apabila mau bersyukur pada-Nya, dan dengan sykur dan beriman pada-Nya Allah tidak akan tega menyiksanya, lalu cara bersyukur yakni salah satunya dengan cara menceritakan semua nikmat Allah dengan niat semata-mata karena ingin mengagung-agungkan Allah sehingga nantinya orang yang diceritakan tersebut dapat pula mendekatkan diri pada Allah, jadikan itu sebagai salah satu ladang dakwah.
Wallahu’alam semoga bermanfaat..
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: